Minggu, 08 Januari 2017

Ada apa dengan 14 Februari?

Hari Valentine (Valentine's Day) atau dikenal dengan sebutan hari kasih sayang jatuh pada tanggal 14 Febuari setiap tahunnya. Hari tersebut sangat populer di kawasan negara-negara barat seperti eropa dan amerika. Kaum remaja akan beramai-ramai merayakan hari bertema kasih sayang tersebut sehingga tak jarang kita menemukan sebuah tempat maupun gedung biasa yang disulap menjadi pernak-pernik bewarna merah muda di dalamnya.  

Bagi negara barat, sangatlah lumrah meayakan hari tersebut dengan pesta semalam suntuk bersama teman-teman dan kerabat terdekat untuk menggelar acara yang meriah dengan tradisi penukaran kado dan ucapan-ucapan cinta romantis yang diberikan kepada pasangan kekasih.

Namun, bagaimana dengan tradisi ini di Indonesia sendiri? Walaupun valentine bukan bagian dari tradisi dan kebudayaan Indonesia yang patutnya dilestarikan sedemikian rupa akan tetapi hari tersebut menjadi sebuah tren yang terjadi akiba modernisasi teknologi yang merambah hingga ke pelosok negeri. Bahkan, hampir saja menandingi perayaan yang dilakukan di negara-negara barat sendiri.
(foto:esmas.com)
Kemeriahan yang dilakukan dalam acara tersebut terkesan melebihi perayaan lainnya seperti perayaan kelulusan maupun perayaan hari jadi. Para remaja akan mencari seorang kekasih tuk mengungkapkan kasih sayang atau cinta terhadap orang tersebut terlepas dari senang atau tidaknya karena bagi mereka yang terpenting adalah kejujuran dalam pengungkapannya. sambutan yang mereka lakukan terkadang melebihi perayaan hari raya lainnya. 

Tanggal 14 Februari punya arti dan peran khusus bagi kalangan banyak remaja di negeri ini. Tak ayal, euforia tersebut mengundang ketertarikan bagi para pebisnis dan pengusaha yang berlomba-lomba memberikan pelayanan dalam memeriahkan acaranya dengan penawaran barang-barang berupa coklat, boneka, bunga dan lain sebagainya. Tak jarang juga para pengusaha yang mengubah dekorasi tempat bisnisnya menjadi nuansa merah muda sesuai dengan warna hati yang dijadikan simbolis cinta yang tengah bersemi menjelang bulan februari.

Terlepas dari penting atau tidaknya memeriahkan hari tersebut, satu hal yang harus kita ingat adalah bukan bagaimana menjadikan hari tersebut menjadi sebuah momen yang sangat bernilai tetapi bagaimana untuk tidak menjadikan hari itu sebagai satu-satunya hari untuk mengungkapkan sebuah rasa kasih sayang karena kasih sayang tidak berbatas hanya pada hari-hari yang ditentukan dalam sejarah saja. Karena sejatinya kasih sayang adalah hal yang tidak bisa lepas dari jati diri manusia yang terlahir dari cinta dan kasih yang maksimal. Satu lagi yang perlu di catat tanggal 14 Februari nanti akan ada Promo Hari Kasih Sayang dari situs belanja online terpercaya di www.blanja.com. 
Load disqus comments

0 komentar