Sabtu, 03 November 2018

Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler untuk Dapatkan Produk yang Tepat


Kebutuhan akan produk pendingin ruangan saat ini memang begitu besar. Keadaan alam yang memicu efek global warming menjadi penyebab utama banyaknya masyarakat membutuhkan produk pendingin ruangan ini. Dua diantara produk pendingin ruangan yang banyak diminati publik adalah Air Conditioner (AC) dan air cooler. Bagi Anda yang ingin membeli produk pendingin tersebut dan mengalami kebingungan maka ada baiknya Anda memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner. Dengan memahami perbedaannya maka Anda akan lebih bijak untuk menentukan atau memilih satu yang tepat sesuai kebutuhan.

Kita mulai saja pembahasan mengenai air cooler vs air conditioner ini. Untuk mengetahui perbedaan kedua produk pendingin ruangan ini maka kita harus mengetahui cara kerja, kegunaan dasar serta juga kelebihan dan kekurangannya. Produk pendingin ruangan pertama yang akan kita bahas adalah air cooler. Air cooler sendiri adalah perangkat yang bekerja menyejukkan udara dengan cara meningkatkan kelembabannya. Kemampuannya menyejukkan udara ini dikarenakan adanya tangki yang berisi air dingin atau es. Dari air dingin inilah air cooler kemudian mengubahnya menjadi uap untuk kemudian dihembuskan ke ruangan. 

Setelah mengetahui cara kerjanya, kita telusuri lebih lanjut kelebihan dan kekurangan dari air cooler. Kelebihan air cooler sendiri antara lain :
    Memiliki harga yang lebih mudah dibanding membeli air conditioner.
    Tidak membuat tagihan listrik Anda membengkak karena lebih irit listrik dibanding AC.
    Bisa dan mudah dirawat dan dibersihkan sendiri sehingga murah perawatannya.
    Mudah dan gampang untuk dipindah-pindahkan sesuai keinginan.
Sementara itu untuk kekurangan dari air cooler ini antara lain :
    Memiliki ketergantungan pada debit air dingin di tangki untuk bisa terus dipakai.
    Dibandingkan air conditioner, air cooler terbilang lambat mendinginkan suhu ruangan.
    Tergantung pada tempat terbuka yang memiliki sirkulasi terbuka.
    Bisa memicu penyakit karena efek kelembabannya bila ditempatkan di ruangan tertutup secara terus-menerus.

Setelah mengetahui informasi mengenai air cooler, saatnya untuk membahas air conditioner. Produk pendingin ruangan yang satu ini memang terbilang sangat populer karena banyak yang mencarinya. Sayangnya, meski sudah terkenal, tidak sedikit dari mereka yang benar-benar mengetahui seperti apa detail dari air conditioner. Hal yang sering tidak dipahami adalah mengenai prinsip kerjanya. Kemampuan air conditioner untuk mendinginkan ruangan ini dikarenakan prinsip kerjanya yang didukung oleh beberapa senyawa. Beberapa senyawa yang mampu mengubah udara panas menjadi udara dingin adalah klorofluorkarbon (CFC), perfluorokarbon (FC) dan hidroklorofluorkarbon (HCFC). Penyerapan udara panas sendiri dilakukan oleh kipas untuk kemudian disalurkan ke kumparan yang mengandung beberapa senyawa tadi. Dari udara dingin yang dihasilkan dari proses konversi berwujud kondensasi ini kemudian akan dihembuskan ke ruangan. 

Sama seperti air cooler, air conditioner ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari air conditioner antara lain :
    Kualitas dingin yang dihasilkan begitu baik.
    Lebih cepat mendinginkan ruangan yang bertemperatur tinggi.
    Meski di tempatkan di ruangan tertutup, air conditioner tidak terpengaruh efek kelembaban.
    Dapat digunakan secara terus-menerus tanpa ketergantungan pada air dingin di tangki sebagai persediaannya seperti pada air cooler.
Walau menjadi produk yang populer, namun air conditioner tetap memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan, yakni :
    Harganya mahal dan membuat Anda harus mempersiapkan budget yang besar untuk pembelian.
    Pemakaian listriknya besar sehingga membuat Anda harus bersiap dengan tagihan bulanan yang besar nantinya.
    Perawatannya harus diserahkan pada orang lain (jasa service AC) sehingga membuat Anda harus mempersiapkan dananya.
    Karena sifatnya yang permanen maka air conditioner ini sulit untuk dipindah-pindahkan.

Inilah informasi yang bisa kita sajikan mengenai perbedaan AC dan air cooler. Semoga dari informasi ini Anda sudah bisa memahami bedanya air cooler dan air conditioner dengan baik dan benar. Sebab bila Anda sudah mengerti perbedaan air cooler dan air conditioner maka untuk memutuskan atau memilih satu diantaranya akan lebih mudah dilakukan. Dari sini maka Anda pun akan mendapatkan produk pendingin ruangan yang tepat dan sesuai kebutuhan.
Load disqus comments

0 komentar